Home / Buah Pisang / Yuk Intip, Cara Mengolah Pisang Kepok Agar Nutrisinya Tetap Utuh Dengan Sajian Yang Menggugah Selera!

Yuk Intip, Cara Mengolah Pisang Kepok Agar Nutrisinya Tetap Utuh Dengan Sajian Yang Menggugah Selera!

Buah pisang memang mempunyai banyak manfaat dan juga banyak varian. Salah satu jenis dari buah pisang yang kaya akan nutrisi adalah pisang jenis kepok. Khasiat pisang kepok sendiri sangatlah tinggi, pisang jenis ini mempunyai kandungan vitamin, serat, karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itulah pisang kepok menjadi salah satu jenis pisang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Untuk menikmatinya, pisang kepok sering diolah menjadi berbagai varian olahan sehingga lebih nikmat ketika di makan. Pisang kepok ini biasa dikonsumsi dengan cara di rebus terlebih dahulu, di goreng dan juga di buat kripik. Akan tetapi tahukah anda, pengolahan yang tidak tepat mampu membuat nutrisi dari pisang kepok berkurang bahkan hilang. Akan tetapi cara memasak tersebut justru menjadi cara masak yang sudah sering digunakan oleh masyarakat.

Buah pisang kepok sendiri mempunyai kandungan gizi yang baik, pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, besi, fosfor, dan kalsium serta mengandung vitamin B, B6 dan vitamin C. Proses pengolahan dapat mempengaruhi jumlah vitamin C pada bahan pangan karena vitamin C yang bersifat mudah larut dalam air dan rentan terhadap panas sehingga dalam mengolah bahan pangan yang mengandung vitamin C kita harus berhati-hati agar kerusakan vitamin dalam pengolahan dapat diminimalkan. Pun begitu dengan ketika kita mengolah pisang kepok, pengolahan yang salah justru mampu mengurangi kandungan vitamin dan khasiat pisang kepok itu sendiri.

Pisang mentah yang dikeringkan

Khasiat pisang kepok sendiri memang mampu kita rasakan ketika buahnya masih mentah. Kita sering sekali mengolah pisang mentah menjadi kripik. Akan tetapi ternyata cara pengolahan pisang kepok mentah menjadi kripik justru mengurangi kandungan vitamin dari pisang itu sendiri. pada normalnya pisang kepok mentah mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi yakni sekitar 21,08%. Akan tetapi ketika diolah menjadi kripik kandungan vitamin C yang ada menyusut menjadi 7,04% saja. Pengolahan yang baik justru dengan mengolah pisang kepok dengan cara di goreng. Khasiat dari pisang kepok semakin tinggi ketika di goreng karena kandungan vitamin C meningkat dari 21,08% naik menjadi 21,098%.

Pisang masak yang sering dikonsumsi dengan cara di rebus terlebih dahulu

Kita pastinya biasa mengkonsumsi pisang rebus. Pisang rebus memang mempunyai tekstur yang lebih lembut dan rasanya lebih manis. Akan tetapi ternyata merebut pisang matang justru mengurangi khasiat pisang kepok itu sendiri. jika pada kondisi matang tanpa di olah pisang kepok mempunyai kandungan vitamin yang tinggi, kurang lebih 35,13% akan tetapi ketika direbut kandungan vitamin tersebut menyusut menjadi 14,13% saja. Jika anda sering menggoreng ataupun mengeringkan pisang kepok matang, kandungan nutrisinya juga menyusut lho,pisang kepok matang di goreng kandungan vitaminnya menurun menjadi 24,61% dan ketika di keringkan menjadi 31,61%. Oleh karena itu, untuk mendapatkan khasiat tinggi dari pisang kepok jauh lebih baik dikonsumsi secara langsung.

Pisang kelewat matang yang dikeringkan

Pisang kepok yang terlalu matang mempunyai kandungan vitamin sebanyak 31,03%. Akan tetapi ketika dikeringkan kandungan vitaminnya menyusut drastis menjadi 17,56% saja. Pisang kelewat masak memang sering kali di oleh dengan cara di keringkan karena ketika di makan secara langsung, di rebus ataupun di goreng seringkali tidak terlalu disukai karena teksturnya yang terlalu lembek dan rasanya yang terlalu manis sehingga kita lebih memilih di keringkan. Akan tetapi ternyata cara ini justru mampu mengurangi khasiat pisang kepok sendiri.

Check Also

diet-pisang-penurut-berat-badan-alami

Diet Pisang Penurut Berat Badan Alami

Anda belum mengetahui manfaat diet pisang bisa menurunkan berat badan? Berikut akan kami coba uraikan ...