Home / Pohon Pisang / Penyakit Pada Pisang Secara Umum

Penyakit Pada Pisang Secara Umum

Penyakit pada pisang secara umum – Apabila tanaman pisang tidak dirawat, maka kemungkinan penyakit pada pisang bisa menyerang dengan mudah. Banyak sekali jenis penyakit pada pisang yang berpotensi untuk merusak dan bisa juga memusnahkan populasi pisang pada umumnya. Oleh sebab itu perlu kiranya kita mempelajari berbagai macam penyakit pada pisang secara umum sehingga kita bisa mengatasi dan menanggulangi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi pada pohon pisang yang terkena penyakit tersebut.

Penyakit Pada Pisang Secara Umum

Walaupun kita tidak kesulitan dalam mendapatkan pohon pisang, namun apabila pohon pisang yang terkena penyakit dibiarkan tentunya akan membuat produksi buah pisang menjadi lebih sedikit. Apalagi jika kita merupakan petani pisang, serangan berbagai macam penyakit pada pisang tentunya harus segera diatasi supaya penghasilan dari buah pisang tidaklah menurun.

Dari latar belakang itulah perlu kiranya kita mengetahui berbagai macam jenis penyakit pada pisang, sehingga kita bisa menentukan ke arah mana kita harus melangkah, obat apa yang perlu kita persiapkan untuk membasmi penyakit tersebut, dan bagaimana cara menanggulanginya.

Berikut ini adalah penyakit pada pisang secara umum:

Penyakit pisang pengerek bonggol batang 

Penyakit ini tentunya menyerang bonggol batang pada pohon pisang yang masih muda. Apabila serangan dari penyakit pengerek bonggol batang ini dibiarkan, tentunya akan menyebabkan pohon pisang menjadi mati. Memang sampai dengan saat ini penyakit pengaruh bonggol batang masih sulit untuk diatasi. Hal tersebut disebabkan karena sumber penyakit dari yang berada di dalam tanah. Cara yang paling umum bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit pengerek bonggol batang adalah dengan cara mengambil hamanya dari batang pisang tersebut.

Penyakit pengerek anakan pisang

Penyakit yang hampir sama dengan penyakit pengerek bonggol batang. Hanya saja yang diserang adalah anakan ataupun tunas pohon pisang yang baru tumbuh. Cara mengatasinya juga sama, yaitu anda harus mengambil hama tersebut dan memusnahkan nya.

Penyakit ular pijar.

Penyakit menular pijar ini disebabkan oleh ular pijar yang menyerang bagian titik tumbuh pohon pisang dan juga buah pisang. Namun secara umum penyakit menular pijar tidaklah menimbulkan kerusakan yang parah pada pohon maupun buah pisang.

Penyakit darah pada pohon pisang

Penyakit ini menyerang pada pohon pisang dimulai bagian bawah ataupun akarnya. Setelah itu nantinya pohon pisang akan mulai sakit dengan ditandai munculnya garis-garis berwarna merah muda pada bagian daun. Apabila dibiarkan nantinya daun-daun tersebut akan berubah warna menjadi kuning dan akhirnya tanaman pohon pisang mati. Cara mengatasi penyakit darah pada pohon pisang adalah dengan mengambil pohon pisang yang sudah terlanjur terserang penyakit supaya tidak menular ke pohon pisang yang lainnya.

Penyakit layu pada pohon pisang

Penyakit layu pada pohon pisang disebabkan oleh bakteri yang nantinya apabila sudah dalam kondisi berat bisa menyebabkan pohon pisang menjadi mati. Berbagai macam gejala yang ditimbulkan dari serangan penyakit layu adalah daun-daun pohon pisang yang mulai menguning, yang dilanjutkan dengan layunya daun pohon pisang termasuk adalah anakan dan batang pohon pisang yang mulai menguning dan pada fase terakhir adalah pohon pisang mati.

Penyakit bintik daun pisang.

Penyakit bintik pada daun pisang ini mulai ditemukan di pulau jawa. Tanda dari pohon pisang yang sudah terkena penyakit bintik daun adalah pada bagian bawah permukaan daun akan terlihat bintik-bintik kecil yang memiliki warna hijau sedikit kekuningan. Pada fase berikutnya, apabila bintik-bintik tersebut nantinya akan berubah menjadi garis-garis yang memiliki warna coklat. Apabila dibiarkan penyakit bintik daun pisang juga bisa menyebabkan kematian pada pohon pisang.

Penyakit tanaman pohon pisang

Penyakit tanaman pohon pisang merupakan penyakit umum yang menyerang pada pohon pisang. Beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa pohon pisang sudah terserang penyakit tanaman pohon pisang adalah daun daun pada bagian luar sudah mulai terlihat layu, kemudian putus dari pohonnya. Selain itu daun pisang bagian dalam akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan bagian luarnya.proses pelepasan daun pisang juga dilakukan dengan cara membelah dan membujur. Cara mengatasi penyakit tanaman pohon pisang ini tentunya dengan cara mengambil pohon pisang yang sudah terkena penyakit, lalu memusnahkan nya.

Demikianlah tutorial mengenai penyakit pada pisang secara umum yang bisa anda temukan pada berbagai macam wilayah di negara indonesia. Tentunya beragam jenis penyakit pada pisang tersebut bisa dengan lebih mudah mana kalau kita bisa lebih cepat mengidentifikasikan jenis penyakit yang menyerang pada pohon pisang tersebut. Terima kasih atas kunjungan anda.

Check Also

manfaat-gedebog-pisang

Beberapa Manfaat Gedebog Pisang Untuk Kesehatan

Pisang memang menjadi salah satu buah favorit di kalangan masyarakat. Ya, buah ini memang terkenal ...