Home / Pohon Pisang / Olahan Makanan Dari Bonggol Pisang

Olahan Makanan Dari Bonggol Pisang

Manfaat bonggol pisang – buah pisang adalah salah satu buah yang sering kita konsumsi sehari-hari. Tanaman pisang juga sering kita jumpai diberbagai lahan atau pakarangan. Jumlahnya yang banyak membuat masyarakat menanam buah pisang sebagai tanaman pekarangan. Buah pisang juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dinikmati hasilnya. Hanya dengan hitungan bulan saja, buah pisang sudah dapat kita nikmati.

Setiap orang umumnya menanam pohon pisang yang memiliki jenis dan varietas yang paling baik menurut mereka. Masyarakat kita juga sebagian besar hanya memanfaatkan buah dan juga daun pisang untuk diambil manfaatnya, namun belum terpikir untuk memanfaatkan bagian bonggol pisang itu sendiri. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memanfaatkan bonggol pisang agar memiliki nilai jual yang tinggi.

Khasiat dan manfaat bonggol pisang

Ada berbagai macam cara yang dapat kita gunakan untuk memanfaatkan bonggol pisang. Manfaat bonggol pisang pada umumnya hanya digunakan sebagai pakan ternak atau campuran tanah. Padahal jika kita olah dengan tepat, bonggol pisang dapat memberi nilai ekonomis untuk kita. Bonggol pisang yang pertama bermanfaat untuk pupuk. Saat kita memanen buah pisang, tentu kita akan tebang satu pohon pisang karena pohon pisang yang sudah berbuah sudah tidak mungkin berbuah lagi sehingga lebih baik untuk ditebang. Dan menghemat ruang,biasanya pohon pisang yang sudah ditebang akan dicacah dan dibuang begitu saja. Padahal, pohon pisang yang sudah ditebang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk urea. Caranya dengan mencacahnya kecil-kecil dan mendiamkannya selama berhari-hari agar dapat digunakan untuk pupuk pada tanaman.

Manfaat bonggol pisang lainnya yang dapat memiliki nilai ekonomis yang tinggi adalah dengan memanfaatkannya sebagai keripik. Tentu anda masih asing saat mendengar keripik bonggol pisang. Namun, perlu anda ketahui bahwa bonggol pisang memiliki beberapa vitamin didalamnya dan dapat dimanfaatkan. Caranya sangat mudah. Anda cukup mengiris tipis-tipis bonggol pisang yang sudah anda potong tadi. Sebelumnya cuci dengan air bersih dan rendam dengan larutan air garam terlebih dahulu agar kandungan racunnya hilang. Sesudah itu, bilas dengan air bersih. Lalu bonggol dapat diiris tipis-tipis.

Sesudah diiris tipis, tiriskan dan jemur hingga kering. Sesudah kering, anda dapat menggorengnya ke dalam minyak yang panas. Keripik bonggol siap untuk dinikmati. Manfaat bonggol pisang untuk membuat keripik memang masih perlu disosialisasikan. Namun, anda tak perlu khawatir mengenai rasa. Rasa keripik bonggol pisang ini gurih dan dapat anda tambahkan dengan berbagai varian rasa lainnya sesuai dengan selera anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa rasa seperti rasa balado, pedas manis, jagung bakar, dan lain sebagainya yang tentunya akan menarik perhatian pelanggan.

Demikian sedikit informasi mengenai manfaat bonggol pisang yang dapat anda coba dan praktekkan sendiri di rumah anda.

Check Also

manfaat-gedebog-pisang

Beberapa Manfaat Gedebog Pisang Untuk Kesehatan

Pisang memang menjadi salah satu buah favorit di kalangan masyarakat. Ya, buah ini memang terkenal ...