Home / Pohon Pisang / Morfologi Dan Klasifikasi Pohon Pisang

Morfologi Dan Klasifikasi Pohon Pisang

Masyarakat Indonesia pasti sangat mengenal buah pisang. Buah pisang menjadi makanan sehari-hari. Dengan harga yang terjangkau, mudah ditanam tetapi memiliki manfaat yang banyak sekali. Kandungan nutrisi didalam buah pisang sangat komplek. Bagus untuk kesehatan tubuh kita. Konsumsi buah pisang setiap harinya membuat system pencernaan sehat, membantu menurunkan berat badan, memberi nutrisi pada kulit dan masih banyak lainnya. Buat anda yang sedang mempelajari pohon pisang. Berikut ini morfologi dan klasifikasi pohon pisang secara lengkap.

Klasifikasi Pohon Pisang

POhon pisang memiliki jenis yang banyak. Ada yang bisa dikonsumasi, ada yang sebagai tanaman hias saja. Tetapi untuk klasifikasinya sama semua. Berikut ini klasifikasi pohon pisang secara lengkap.

Kingdom              : Plantae

Sub Kingdom     : Trachebionta

Super Divisi         : Spermatophyta

Divisi                      : Magnoliophyta

Kelas                     : Lilopsida

Sub Kelas             : Commelinidae

Ordo                      : Zingerberales

Famili                    : Musaceae

Genus                   : Musa

Spesies                 : Musa paradisiacal

Morfologi Akar Dan Batang Pohon Pisang

Diatas sudah kita bahas mengenai klasifikasi pohon pisang. Selanjutnya kita bahas mengenai morfologi pada bagian akar dan batang pohon pisang. Akar pohon pisang termasuk jenis akar serabut lunak yang berpangkal pada umbi batang. Letak akar pohon pisang berada di bawah tanah. Ada akar primer yang berkembang menjadi akar tesier dan sekunder. Untuk batangnya sebagian terletak didalam tanah yang bersatu dengan akar. Batang pisang semu berbentuk pelepah daun. Batang pisang tersusun dari epidermis yang berselimur kutikula. Pada batangnya juga terdapat stomata. Tanaman pohon pisang akan tumbuh anakan sebagai budidayanya.

Morfologi Daun Dan Bunga Pohon Pisang

Untuk daunnya berbentuk spiral. Daun berwarna hijau muda pada saat muda dan hijau tua pada daun tua. Di tengah daun ada ibu tulang daun. Ditengahnya terdapat batang semu yang disebut pelepah daun. Daunnya membesar dan berselang seling. Ketika masih muda daun akan bergulung dan terbuka pada saat sudah tua. Daun pisang berukuran 1,5-2,8 m dan lebarnya 0.7-1.0 meter. Bunga pohon pisang termasuk bunga tunggal. Tumbuh pada ujung batang dan hanya berbunga sekali seumur hidupnya. Bunga pisang bersifat monokarpik. Ini dapat anda lihat dari klasifikasi pohon pisang. Didalamnya ada bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan tidak akan berkembang dan bunga betina akan berkembang menjadi buah pisang.

Morfologi Buah Pisang

Bunga buah pisang mengalami penyerbukan silang yang dibantu oleh serangga. Sehingga banyak tepung sari yang tidak fertile. Sehingga buah pisang tidak berbiji. Buah pisang akan menjadi satu kesatuan dalam satu sisir. Setiap 1 sisir terdiri 5-10 buah. Jika jumlah sisir sudah maksimal, sebaiknya jantung pisang dipotong karena tidak bisa berbuah lagi. Itulah sedikit penjelasan mengenai morfologi dan klasifikasi pohon pisang. Semoga bermanfaat.

Check Also

manfaat-gedebog-pisang

Beberapa Manfaat Gedebog Pisang Untuk Kesehatan

Pisang memang menjadi salah satu buah favorit di kalangan masyarakat. Ya, buah ini memang terkenal ...