Home / Buah Pisang / Morfologi Dan Klasifikasi Pisang Kepok

Morfologi Dan Klasifikasi Pisang Kepok

Pisang kapok termasuk jenis pisang yang paling banyak dikonsumsi. Pisang kapok jarang dikonsumsi langsung, biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan. Seperti pisang goreng, pisang crespy, dan lainnya. Pisang kapok lebih dikenal sebagai pisang olah atau plantain. Hal ini dikarenakan pisang kapok mengandung pati yang sangat tinggi. Hampir di semua Negara asia atau Negara tropis pasti mengenal pisang yang satu ini. mungkin anda juga salah satu orang yang suka mengkonsumsi pisang kapok ini. untuk lebih mengenal pisang kapok, berikut ini morfologi dan klasifikasi Pisang kapok.

Morfologi Pisang Kepok

Sebelum membahas mengenai klasifikasi pisang kapok, anda harus tahu morfologi pisang kapok terlebih dahulu. Pisang kapok tersusu dari batang semu yang biasa disebut pelepah pisang yang tersusun teratur dan rapat. Tips percabangan batangnya bertipe simpodial meristem ujung yang memanjang. Pada bagian bawah batang ada berupa umbi yang disebut bonggol. Bonggol akan tumbuh menjadi pucuk lateral yang akan menjadi pohon pisang. Buah pisang termasuk jenis buah tak berbiji dan memiliki sifat partenokarpi. Letak daun pisang menyebar, berbentuk lanset melanjang. Tubuh dari bagian tengah, daun mudah berwarna hijau muda dan menggulung, kemudian akan membuka menjadi daun pisang lebar.

Bunga pada pohon pisang memiliki jenis bunga majemuk. Tiap kuncup bunga dibungkus seludang yang berwarna merah. Nantinya seludang ini akan lepas satu bersatu ketika bunga membuka. Bunga betina akan terus berkembang dan bunga jantan tidak akan tumbuh dan tetap ditutupi seludang. Bunga jantang nantinya akan berubah menjadi jantung pisang. Sedangkan bunga betina akan berkembang menjadi buah pisang. Setiap sisir buah pisang terdiri dari 4 sampai 15 buah. Ada yang berbentuk panjang, bengkok atau buni. Warna buah pisang, ada yang kuning, hijau dan merah. Setelah mengetahui morfologi pisang kapok, sekarang kita membahas klasifikasi pisang kapok.

Klasifikasi Pisang Kapok

Secara umum klasifikasi setiap pohon pisang memiliki familia dan genus yang sama. Untuk lebih jelasnya berikut ini klasifikasi pisang kapok:

Regnum               : Plantae

Divisio                   : Spermatophyta

Sub Divisi             : Angiospermae

Classis                   : Monocotyledoneae

Ordo                      : Musales

Familia                  : Musaceae

Genus                   : Musa

Spesies                 : Musa paradisiacal L

Buah pisang kapok sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Seperti pisang goreng, pisang cresspy, pisang rebus dan lain sebagainya. Jika dikonsumsi langsung pisang kapok memang kurang enak. Karena teksturnya yang agak keras dan mengandung banyak pati. Tetapi setelah diolah pisang kapok bertekstur lembut dan berbau harum. Itulah sedikit yang bisa disampaikan mengenai morfologi dan klasifikasi pisang kapok.semoga bermanfaat.

Check Also

kandungan-vitamin-pada-buah-pisang

Kandungan Vitamin Pada Buah Pisang

Buah yang sangat populer seperti buah pisang biasanya menjadi buah yang di makan setelah makan. ...