Home / Resep Pisang / Manfaat Kripik Pisang: Camilan Sehat

Manfaat Kripik Pisang: Camilan Sehat

Menjadikan keripik pisang sebagai cemilan ternyata tidak cuma ada di Indonesia. Beberapa negara seperti India, Filiphina, Indonesia, serta Amerika Latin juga menggunakan keripik pisang sebagai cemilan. Keripik pisang atau dikenal dengan banana chips dibentuk dan diproses hampir sama dengan keripik kentang yang biasa dijumpai di supermarket. Sudah pasti, keripik pisang mempunyai rasa yang renyah dan gurih. Di Indonesia sendiri, keripik pisang sudah dimodifikasi dengan beragam rasa seperti rasa manis, gurih, keju, coklat, kopi, susu dan masih banyak lagi. Dari segi rasa, keripik pisang Indonesia tidak kalah dengan yang berasal dari negara lain. Selain mempunyai cita rasa yang lezat, ternyata manfaat kripik pisang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kripik pisang dengan kandungan serat yang tinggi

Menurut fakta yang terpercaya, manfaat kripik pisang bagi kesehatan tubuh dengan beragam kandungan nutrisi dan gizi didalamnya. Salah satu manfaat kripik pisang adalah kandungan seratnya yang cukup tinggi yakni sekitar 2.2 gram setiap satu ons keripik pisang dan 3.5 gram untuk tiap buah pisang berukuran besar. Serat sangat dibutuhkan tubuh karena mempengaruhi kinerja sistem pencernaan serta mampu memberikan rasa kenyang. Sehingga, dapat mencegah untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Selain itu, kripik pisang juga mampu mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam darah.

Manfaat kripik pisang: serat yang ada didalamnya

Karena mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, tentunya mampu menjaga kesehatan sistem tubuh. Salah satu manfaat kripik pisang bagi pencernaan adalah membuat perut terasa penuh, mengurangi beragam masalah pada sistem pencernaan, serta mengurangi resiko terkena kanker kolon. Manfaat kripik pisang yang selanjutnya adalah mengatur kadar insulin dan gula darah. Berdasarkan penelitian, serat dalam jumlah besar mampu mengatur kadar gula dalam darah beserta insulin. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa orang yang mengkonsumsi serat secara rutin atau sering cenderung mempunyai badan yang lebih langsing.

Dengan asupan serat yang tinggi, keripik pisang terbukti mampu memperlambat timbulnya plak yang disebabkan oleh kolesterol terutama pada wanita yang sedang menderita sakit jantung. Manfaat kripik pisang dengan adanya kandungan serat yang tinggi adalah melindungi jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik. Hal ini karena sumber makanan yang tinggi biasanya mempunyai kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang rendah.

Serat yang terdapat pada keripik pisang sangat cocok sebagai pengganti nasi. Hal ini kemudian bisa menjadi alternative bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena membuat perut cepat merasa kenyang. Selain itu, manfaat kripik pisang juga bisa mengontrol kalori yang ada didalam tubuh. Dengan adanya serat, maka akan terjadi peningkatan pelepasan enzim pada sistem pencernaan serta mengatur hormone pada pankreas.

Check Also

beberapa-manfaat-juice-pisang

Beberapa Manfaat Juice Pisang Yang Baik Untuk Kesehatan

Apakah anda suka mengkonsumsi jus? Nah, salah satu jus yang harus anda coba dan konsumsi ...