Home / Kulit Pisang / Kandungan Kulit Pisang dan Manfaatnya

Kandungan Kulit Pisang dan Manfaatnya

Setelah memakan atau mengupas kulit pisang, biasanya langsung saja kita buang ke tempat sampah, hal tersebut dikarenakan kulit pisang merupakan sampah yang tidak dapat dimakan oleh manusia, namun dapat dimakan oleh hewan ternak atau hewan herbivore.Dengan melihat kandungan kulit pisang sebenarnya kita dapat mengolahnya menjadi berbagai makanan olahan dan dapat juga dimanfaatkan untuk pengobatan.Akan tetapi hal tersebut belum banyak dilakukan oleh masyarakat atau cendekia di negeri kita membuat banyaknya kulit pisang terbuang sia-sia.

Kandungan Nutrisi di dalam Kulit Pisang

Tak dapat dipungkiri bahwa kulit pisang memiliki rasa pahit dan tidak enak ketika dikonsumsi secara langsung, akan tetapi jika kita telusuri lebih lanjut, kulit pisang dapat disulap menjadi beberapa makanan olahan dan pemanfaatannya lebih maksimal apalagi ditambah dengan kandungan kulit pisang yang sangat komplit dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam kulit pisang sendiri mengandung karbohidrat, vitamin, kalsium, gula, protein, zat besi dan air yang sangat tinggi yang berguna untuk membantu menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram kulit pisang terdapat kandungan air sebanyak 68,90 gram, sungguh kandungan yang sangat tinggi bukan? Karbohidarat menempati urutan kedua untuk kandungan kulit pisang terbanyak di dalam 100 gram kulit pisang yang mencapai 18,50 gram. Lemak menempati urutan ketiga dengan jumlah kandungannya mencapai 2,11 gram. Protein sebanyak 0,32 gram, kalsium 715 mg, vitamin C 17,50 mg, vitamin B sebanyak 0,12 mg dan zat besi sebanyak 1,60 mg. Seluruh kandungan nutrisi di dalam kulit pisang tersebut mudah sekali terurai di dalam usus manusia jika dikonsumsi. Oleh karenanya, beberapa penelitian dan percobaan menggunakan kulit pisang telah dilakukan dan hasilnya sungguh fantastis.

Pemanfaatan Kandungan Nutrisi Kulit Pisang

Melihat kandungan kulit pisang yang begitu banyak dan komplit, kulit pisang dapat dibuat menjadi permen lembut yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Pectin yang ada di dalam kulit pisang dapat diolah menjadi marshmallow dengan cara memotong kulit pisang menjadi ukuran yang sangat kecil.Setelah itu potongan kulit pisang dikukus selama kurang lebih 10 menit, angkat kemudian dikeringkan menggunakan bantuan sinar matahari. Setelah kering, potongan kulit pisang akan dibuat tepung yang kemudian pengolahannya dengan cara diekstraksi.

Tepung dari kulit pisang yang kemudian dibuat permen lembut tersebut memiliki kemampuan menurunkan kolesterol hingga 52 % jika konsumsi pectin di dalam permen lembut dilakukan secara rutin.Kandungan kulit pisang di dalam pectin sama halnya dengan kandungan kulit pisang ketika masih segar, hanya saja beberapa kandungan nutrisi sedikit berkurang sehingga kulit pisang ekstrak baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Check Also

Manfaat Kulit Pisang Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Kulit Pisang Untuk Wajah Agar Tampak Cerah Berseri Dan Bebas Keriput

Manfaat kulit pisang untuk wajah agar tampak cerah berseri dan bebas keriput. Setiap wanita pasti ...