Home / Budidaya Pisang / Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Sebab tanaman ini memang sangat pas untuk pertumbuhan dan perkembangan pohon pisang. Sama seperti manusia, tanaman juga dapat terserang penyakit atau yang lebih dikenal dengan hama. Hama itu sendiri memiliki penyebab yang bermacam macam. Kali ini kita akan mengupas mengenai hama yang ada pada pohon pisang. Untuk lebih lengkapnya, mari kita ulas bersama sama.

Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Ada 2 faktor yang menjadi penyebab hama tanaman pisang, pertama disebabkan karena jamur dan kedua oleh bakteri. Hama tanaman pisang ini memang sangat mudah dalam penularannya. Bisa melalui alat, air, hingga serangga. Oleh karena itu, ketika kita menemukan satu saja pohon pisang yang berhama pohon lain dapat dengan mudah tertular. Agar tidak mudah menular pada yang lain, sebaiknya kita memperbaiki sistem drainase agar menjadi lancar. Sehingga air yang terkena hama tanaman pisang tidak menempel pada pohon pisang yang lain. Jangan pernah menggunakan alat yang sudah dipergunakan untuk menebang pohon pisang berhama. Jikalau anda ingin menggunakan alat yang sama, bersihkan terlebih dahulu alat tersebut hingga steril. Bila pohon yang berhama itu sudah berbuah, segera potong jantung pisang agar tidak ada serangga yang menempel dan menularkan penyakit pada pohon pisang yang lainnya.

Ciri Ciri Hama Tanaman Pisang

Setelah kita mengetahui faktor penyebab dari hama tanaman pisang ini, kini saatnya kita mengetahui ciri ciri hama tanaman pisang. Berikut ciri cirinya yang terkena bakteri.

  1. Pada umumnya, daun muda yang tumbuh pada pohon pisang memiliki daun yang segar dan berwarna hijau muda. Tetapi, untuk pohon yang terkena hama daun muda yang tumbuh justru layu.
  2. Ketika kita menebang atau memotong pelepah pisang yang berhama, terdapat cairan merah yang keluar. Biasanya para petani menyebutnya dengan darah pohon pisang. Namun ini merupakan ciri ciri bahwa pohon pisang ini berhama.

Setelah kita mengetahui ciri ciri yang muncul dari hama tanaman pisang yang terserang bakteri, saatnya kita beralih pada pohon pisang yang terkena jamur atau layu pusarium.

  1. Daun paling tua yang terserang hama tanaman pisang pelepahnya akan patah.
  2. Batang pohonpun terlihat pecah pecah.
  3. Bonggol atau akar pohon pisang yang menghitam.

Itulah tadi pembahasan kita mengenai penyebab dari hama tanaman pisang beserta ciri ciri dan cara mencegahnya. Bagaimana menurut anda? kini anda sudah mengetahui bukan penyebab dari hama tanaman ini. Tidak jarang sebagian masyarakat kita justru mengaitkan antara cairan merah yang disebabkan oleh bakteri dengan hal magis yang tak kasat mata. Padahal ini hanya sebuah hama tanaman.

Check Also

inilah-cara-pembibitan-pisang-yang-popular

Inilah Cara Pembibitan Pisang Yang Popular

Buah pisang termasuk tanaman buah yang mudah dibudidayakan. Bisa tumbuh dimana saja. Selain itu masa ...