Home / Budidaya Pisang / Inilah Cara Pembibitan Pisang Yang Popular

Inilah Cara Pembibitan Pisang Yang Popular

Buah pisang termasuk tanaman buah yang mudah dibudidayakan. Bisa tumbuh dimana saja. Selain itu masa tumbuhnya juga cepat. Buah pisang menjadi komoditas bisnis yang sangat menguntungkan. Anda bisa membuat menjadi keripik pisang dan dijual. Lahan untuk menanam buah pisang juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Buat anda yang ingin membudidayakan buah pisang. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pembibitan. Berhasil atau tidaknya budidaya pisang tergantung kualitas bibit yang anda gunakan. Oleh karena itu anda harus membuat pembibitan yang benar. Inilah cara pembibitan pisang yang berkualitas.

Dengan Menggunakan Anakan Pedang

Cara pembibitan pisang yang satu ini paling mudah dilakukan. Dengan cara memisahkan anakan pohon pisang dari induknya. Biasanya di samping-samping pohon pisang pasti tumbuh bibit anakan yang masih kecil. Bibitan inilah yang bisa anda tanam kembali. Setelah dipisahkan dari induknya, bibit anakan pisang harus segera ditanam kembali. Jenis anakan yang paling bagus adalah anakan pedang yang tingginya sekitar 41-100 cm, anakan dewasa yang tingginya lebih dari 100 cm dan anakan rebung yang tingginya 20-40 cm. jika anda tidak langsung menanamnya, bibit pisang akan mudah mati. Sebelum ditanam pada bagian bogol dipotong 5 cm.

Dengan Kultur Jaringan

Kultur jaringan dapat digunakan sebagai cara pembibitan pisang. Cara pembibitan yang satu ini memang cukup rumit. Tapi hasil bibitnya sudah pasti berkualitas. Kultur jaringan adalah metode pembibitan dengan mengisolasi bagian tanaman yang ditumbuhkan dalam kondisi aseptic. Sehingga bagian tanaman akan lengkap lagi. Teknik pembibitannya didalam botol atau dikenal sebagai kultur in vitro. Biasanya mengambil salah satu jaringan pada pisang kemudian dikembangkan didalam botol. Untuk melakukan pembibitan ini membutuhkan biaya yang mahal dan harus dilakukan didalam laboratorium. Jadi orang awam sulit untuk melakukannya.

Dengan Menggunakan Bonggol Pisang

Untuk cara pembibitan pisang yang satu ini memang cukup rumit tapi bisa dilakukan oleh siapa saja. Ambilah anakan buah pisang yang berdiameter 12 meter. Pisahkan anakan dari rumpun induk. Lakukan dengan hati-hati sehingga bonggolnya masih bagus. Bersihkan bonggol kemudian potong sekitar 1 cm. Pada bagian titik tumbuh sedikit dikorek dengan kedalaman 3 cm. Rendam bonggol dengan air hangat yang sudah dicampur dengan fungisida. Semai bonggol dibendengan untuk merangsang tunas. Setiap bonggol diberi jarak 5 cm.

Jika tunas sudah tumbuh, anda bisa memulai menanam di tanah atau polybag. Tapi tetap tanam ditempat yang teduh. Setelah tanaman umur 1 bulan baru dipindah ke tempat terbuka. Untuk perawatannya anda tinggal menyiramnya secara rutin. Itulah tiga cara pembibitan pisang yang paling umum digunakan. anda tinggal memilih yang paling mudah. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...