Home / Budidaya Pisang / Cara Pemupukan Pisang Supaya Tumbuh Lebat

Cara Pemupukan Pisang Supaya Tumbuh Lebat

Tanaman pisang memang sangat mudah untuk dibudidayakan. Bahkan dbiarkan begitu saja pohon pisang sudah bisa tumbuh. Tetapi untuk hasil yang maksimal, anda harus merawat pohon pisang dengan baik. Dengan begitu hasil buah pisangnya lebih banyak dan berkualitas. Salah satu tahapan yang paling penting dalam proses budidaya pohon pisang adalah pemupukan. Pemupukan sangat penting untuk membuat pohon pisang tetap tumbuh dan berbuah dengan baik. Proses pemupukan pohon pisang minimal dilakukan tiga kali. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara pemupukan pisang yang benar.

Pemberian Pupuk Pertama (Dasar)

Cara pemupukan pisang yang pertama dilakukan sebelum proses penanaman dilakukan. Anda bisa menaburkan pupuk ke dalam lubang tanam. Untuk dosis pupuknya diberikan menyesuaikan tingkat kesuburan lahannya. Jika tingkat kesuburannya sudah tinggi. Tak perlu diberi pupuk lagi juga tidak masalah. Jika lahan masih kurang subur, anda bisa menaburkan 150 kg KCl, 150 kg SP36 dan 350 kg Urea. Diamkan selama 1 -2 minggu, sebelum proses penanaman dilakukan. Untuk dosis diatas juga harus disesuaikan dengan luas lahan anda. hitungan diatas untuk lahan seluas 1 hektar.

Pemberian Pupuk 3 Bulan

Proses pemberian pupukan lanjutan diberikan pada saat pohon pisang berumur 3 bulan. Cara pemupukan pisang ini sangat penting dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah pisangnya. Buatlah parit di sekitar pohon pisang dengan kedalaman 10 cm. Buat mengelilingi pohon pisang. Setiap parit beri jarak sekitar 65 cm dari pangkal batang pisangnya. Pupuknya masih sama dengan jenis pupuk yang diberikan pada saat proses penanaman pertama, cuma berbeda dosisnya saja. Taburkan pupuk tersebut secara merata di sekitar pohon pisang. Setiap tanaman pisang harus diberi pupuk dengan dosis yang sama.

Pemberian Pupuk 6 Bulan

Anda bisa memberikan pupuk lanjutan setelah tanaman pisang berumur 6 bulan atau mendekati masa panen. Cara pemupukan pisang tahap ini sebenarnya hampir sama dengan pemberian pupuk pada bulan ketiga. Ukuran dosisnya juga masih sama, Anda tinggal membuat parit disekitar pohon pisang kemudian menaburkan pupuknya. Untuk merangsang pembuahan lebih lebat, anda bisa menambah pupuk perangsang pembuahan. Tetapi pemberiannya tak perlu terlalu banyak. Secukupnya saja.

Jika anda tidak suka menggunakan pupuk kimia, anda bisa menggunakan pupuk organik. Seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. Selain melakukan pemupukan, anda juga harus ,melakukan tahapan perawatan lainnya. seperti penyiraman, pemangkasan tanaman, penyiangan dari gulma, penjarangan anakan pisang, perawatan tandan pisangnya dan masih banyak lainnya. Dengan begitu buah pisang yang akan anda dapatkan berkualitas dan berlimpah. Demikian sedikit mengenai cara pemupukan pisang. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Check Also

inilah-cara-pembibitan-pisang-yang-popular

Inilah Cara Pembibitan Pisang Yang Popular

Buah pisang termasuk tanaman buah yang mudah dibudidayakan. Bisa tumbuh dimana saja. Selain itu masa ...