Home / Budidaya Pisang / Cara Pembibitan Pohon Pisang Yang Berkualitas

Cara Pembibitan Pohon Pisang Yang Berkualitas

Pisang salah satu buah yang sangat mudah kita temui. Mungkin anda juga salah satu orang yang sering konsumsi buah pisang setiap harinya. Pohon pisang bisa tumbuh di daerah tropis dengan baik, Entah itu di dataran tinggi atau dataran rendah. Bahkan tetap bisa tumbuh di ketinggian 1600 mdpl. Syarat tumbuh pohon pisang memang mudah. Suhu minimum 27 derajat celcius dan maksimum 38 derajat celcius. Sedangkan keasaman tahannya sekitar 4,5 sampai 7,5. Cara pembibitan pohon pisang sebenarnya sangat mudah. Bisa dengan anakan, kultur jaringan atau menggunakan bonggol. Berikut ini tahapan budidaya pohon pisang yang benar.

Proses Pembibitan

Jika menggunakan bibit yang berkualitas, hasil yang anda peroleh juga berkualitas. Cara pembibitan pohon pisang yang paling mudah adalah dengan menggunakan anakan pisang. Dengan teknik ini pisang yang dihasilkan akan sama dengan induknya. Jika menggunakan kultur jaringan, anda membutuhkan alat dan waktu yang lama. Pada saat memisahkan anakan dari induknya, anda harus menanamnya langsung. Jika tidak langsung ditanam bibit akan diserang jamur dan akhirnya mati. Pilih anakan yang tingginya sekitar 20 -100 cm. pada saat memotong anakannya harus hati-hati. Jangan sampai merusak bonggolnya.

Proses Penanaman

Setelah melalui proses cara pembibitan pohon pisang. Tahap selanjutnya adalah proses penanaman. Siapkan lubang tanaman dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. siapkan lahan 2 minggu sebelum proses penanaman. Jadi ketika anda memotong anakan bisa langsung dimasukkan ke lahan penanaman. Waktu penanaman yang baik adalah awal musim hujan. Jadi tanaman akan mendapatkan cukup air. Jarak tiap tanaman sekitar 2-3 meter. jangan menanam tanaman pisang yang berbeda jenis pada satu lahan,

Proses Pemupukan

Cara pembibitan pohon pisang selanjutnya adalah proses pemupukan. Pohon pisang memang bisa tumbuh dengan mudah, Tetapi untuk menghasilkan produk yang berkualitas pohon pisang harus diberi pupuk. Sebelum ditanam lubang tanam bisa diberi pupuk kandang terlebih dahulu. Kemudian biarkan selama 1 sampai 2 minggu. Jika sudah ditanam beri pupuk urea, kcl dan sp. Selama proses penanaman cukup beri pupuk 3 kali. Pada saat penanaman, pada umur 3 bulan dan umur 6 bulan sebelum proses pemanenan.

Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan daun-daun kering. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit. Bersihkan gulma-gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Sehingga pohon pisang bisa tumbuh dengan baik. Bibit anakan yang tumbuh disekitar tanaman juga harus anda rawat. Supaya bisa digunakan untuk proses penanaman selanjutnya. Itulah cara pembibitan pohon pisang yang mudah. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Check Also

inilah-cara-pembibitan-pisang-yang-popular

Inilah Cara Pembibitan Pisang Yang Popular

Buah pisang termasuk tanaman buah yang mudah dibudidayakan. Bisa tumbuh dimana saja. Selain itu masa ...