Home / Budidaya Pisang / Cara menanam pisang yg baik

Cara menanam pisang yg baik

Tentunya, cara menanam pisang yg baik akan berimbas pada hasil panen yang baik pula. Semakin baik metode menanam pisang yang kita lakukan, maka akan semakin melimpah bulan hasil panen pisang yang kita dapatkan. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas bagaimana cara menanam pisang yg baik sehingga proses budidaya yang anda lakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menanam pisang yg baik

Untuk mengawali belajar bagaimana cara menanam pisang yg baik,-nya maka kita perlu mempersiapkan lahan tanam untuk budidaya tanaman pisang. Luas area yang perlu dipersiapkan untuk menanam pisang yg baik tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari proses budidaya pisang itu sendiri. Apabila anda ingin membudidaya pisang dengan tujuan untuk konsumsi setiap hari, maka anda cukup menyediakan lahan pekarangan yang tidak terlalu luas. Luasnya tergantung dari jumlah bibit pisang yang akan ditanam. Sebagai acuan, jarak masing-masing pohon pisang yang akan ditanam adalah minimal 2 meter.

Berbeda ketika kita ingin membudidaya pohon pisang dengan orientasi bisnis atau usaha, maka kita harus mempersiapkan lahan untuk menanam pisang dengan luas yang cukup lebar. Apabila tersedia, usahakan anda mempersiapkan lahan tanam untuk bibit pohon pisang sekitar 1 hektar. Luas ini tentunya menyesuaikan dari proses kebutuhan usaha tanaman pohon pisang itu sendiri. Semakin luas lahan yang disediakan, yang maka kemungkinan hasil dari buah pisang juga akan semakin meningkat.

Setelah lahan tersedia, maka pada tahapan berikutnya dari proses menanam pisang yg baik adalah proses pembuatan lubang untuk menanam bibit pohon pisang. Jarak masing-masing lubang adalah sekitar 2 meter. Jarak 2 meter ini adalah sebagai antisipasi supaya nantinya daun dari pohon pisang tidak saling bertumpuk. Di tahap selanjutnya adalah proses penanaman dari bibit pohon pisang yang sudah anda dapatkan baik dari proses mengambil anakan maupun dari proses membeli pada penjual pohon pisang yang sekarang ini sudah cukup banyak tersedia.

Setelah proses penanaman pohon pisang dilakukan, maka tentunya anda harus melanjutkan dengan proses perawatan tanaman pohon pisang tersebut. Proses perawatan dari pohon pisang cukuplah banyak, mulai dari proses pemupukan yang bisa anda lakukan rutin satu bulan sekali, proses penyiraman tanaman pohon pisang apabila ternyata kondisi tanah di sekitar pohon pisang tersebut sudah mulai mengering, proses pemberantasan hama penyakit yang biasanya bisa dilakukan melalui proses penyemprotan menggunakan pestisida, proses pembuangan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman pohon pisang, serta proses penjarangan.

Apabila anda bisa melakukan berbagai macam hal di atas dengan baik dan benar, maka tahapan mengenai cara menanam pisang yg baik ini adalah dengan menunggu saja. Proses menunggu tanaman pisang sampai berbuah tentunya tergantung dari bibit tanaman pisang yang anda tanam. Apabila bibit tanaman pisang yang anda tanam sudah memiliki ketinggian sekitar 1 meter, maka bisa diperkirakan dalam waktu 4 bulan tanaman pisang tersebut akan mulai berbuah dengan keluar jantungnya. Tentunya angka 4 bulan tersebut hanyalah angka estimasi saja dimana proses tumbuh tanaman pisang sampai berbuah akan berbeda-beda.

Demikianlah beberapa informasi singkat mengenai cara menanam pisang yg baik dan benar yang mana diharapkan nantinya hasil dari proses menanam pisang tersebut bisa lebih melimpah serta proses tunggu dari tanaman pohon pisang tersebut bisa lebih cepat sehingga anda bisa lebih cepat memanen buah pisang dengan cepat pula. Mudah-mudahan informasi singkat diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya. Terimakasih.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...