Home / Budidaya Pisang / Cara menanam pisang terbaru dan paling cepat

Cara menanam pisang terbaru dan paling cepat

Cara menanam pisang terbaru tentunya banyak dicari dengan harapan kita tidak perlu menunggu waktu terlalu lama mahkota bisa memanen budidaya tanaman pisang yang kita lakukan setelah kita selesai melakukan proses penanaman bibit pohon pisang terhenti untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas bagaimana cara menanam pisang terbaru yang mana nantinya bisa menghasilkan buah yang paling cepat.​

Cara menanam pisang terbaru dan paling cepat

Tahapan pertama yang harus dilalui sebagai upaya cara menanam pisang terbaru adalah dengan cara mempersiapkan lahan untuk menanam bibit pohon pisang. Lahan yang perlu anda persiapkan untuk menanam bibit pohon pisang ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari jumlah bibit pohon pisang yang akan ditanam. Apabila anda ingin menanam bibit pohon pisang untuk orientasi bisnis, maka anda harus mempersiapkan lahan yang cukup luas. Minimal memiliki luas sekitar 1 hektar. Namun, apabila anda ingin menanam pisang hanya untuk konsumsi sendiri, maka silahkan anda sesuaikan kebutuhan jumlah bibit yang akan di tanam, misalnya adalah 4 pohon, maka anda cukup mempersiapkan luas sekitar 8 kali 8 meter.

Tahapan berikutnya adalah proses mencari bibit pohon pisang terbaru. Ada berbagai macam cara yang bisa anda tempuh untuk bisa mendapatkan bibit dari tanaman pisang, mulai dari langsung membeli di berbagai macam penjual pohon pertanian, sampai dengan proses mengambil anakan yang tumbuh pada pohon pisang yang sudah dewasa. Silahkan anda cari jenis pohon pisang yang sesuai dengan keinginan anda. Apabila untuk orientasi bisnis, maka silahkan anda cari jenis pohon pisang yang memiliki harga cukup mahal. Berbeda apabila anda ingin menanam pohon pisang namun untuk dikonsumsi sendiri, maka silahkan anda mencari jenis pohon pisang yang rasanya enak menurut anda.

Cara menanam pohon pisang terbaru berikutnya tentunya adalah dengan cara membuat lubang untuk menanam bibit dari tanaman pohon pisang itu sendiri. Silahkan anda gali lubang dengan ukuran sekitar 50 cm untuk kedalamannya dan 50 cm untuk lebarnya. Setelah itu silahkan anda lanjutkan dengan proses menanam bibit dari pohon pisang yang sudah anda dapatkan sebelumnya. Usahakan anda bisa menanam bibit pohon pisang dengan ketinggian sekitar 1 meter. Hal tersebut bertujuan supaya proses penanaman dari bibit tanaman pisang tersebut tidak terlalu lama sampai dengan berbuah.

Tahapan berikutnya adalah proses perawatan dari tanaman buah pisang itu sendiri. Proses perawatan yang perlu anda lakukan pada tanaman pisang meliputi proses penjarangan, proses pemupukan, proses penyiraman, proses pembuangan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman pohon pisang, serta proses pemberantasan hama penyakit. Tahapan-tahapan tersebut tentunya harus anda lakukan secara rutin sehingga nantinya tanaman pohon pisangbisa tetap tumbuh dengan subur dan baik.

Misalnya, untuk proses pemupukan bisa anda lakukan secara rutin satu bulan sekali. Begitu juga untuk proses penyiraman, silahkan anda kontrol terus kadar air yang ada di sekitar pohon pisang. Apabila sudah mulai berkurang, maka silahkan anda lakukan penyiraman dengan menggunakan air bersih. Begitu juga untuk proses pembuangan rumput liar, silahkan anda lihat apakah sudah banyak tumbuh rumput disekitar tanaman pohon pisang atau belum. Apabila sudah cukup banyak rumput yang tumbuh, maka silahkan anda cabul sehingga tidak mengganggu tanaman pohon pisang. Untuk proses pemberantasan hama penyakit pada tanaman pohon pisang adalah menyesuaikan dengan kondisi tanaman pohon pisang itu sendiri. Apabila terdapat ciri-ciri bahwa tanaman pohon pisang sudah mulai terkena serangan penyakit, maka silahkan anda lakukan proses penyemprotan untuk menanggulangi dari penyakit tanaman pisang tersebut.

Itulah beberapa metode ataupun cara menanam pisang terbaru yang paling cepat dilakukan dan tentunya diharapkan pemanenan dari proses budidaya tersebut juga bisa cepat. Apabila anda menanam bibit pohon pisang dengan ketinggian sekitar 1 m maka diharapkan dalam waktu 4 bulan tanaman pohon pisang tersebut sudah mulai berbuah dengan keluar jantungnya. Mudah-mudahan artikel diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...