Home / Budidaya Pisang / Cara menanam pisang kepok

Cara menanam pisang kepok

Tutorial mengenai cara menanam pisang kepok ini biasanya banyak dicari oleh petani yang ingin mencoba untuk melakukan budidaya tanaman pisang kepok. Tanaman pisang kepok dipilih untuk dibudidaya lantaran harga jual dari tanaman pisang kepok ini cukup tinggi, sehingga bisa menjadi ladang bisnis yang luar biasa. Di samping itu, ada juga sebagian petani yang menanam pisang kepok karena rasanya yang cukup enak. Daripada harus membeli di pasaran, yang mending mencoba untuk menanam pisang kepok sendiri sehingga nantinya tidak perlu lagi untuk membeli di pasar. Tentunya dengan memiliki tanaman pisang kepok sendiri bisa lebih berhemat.

Cara menanam pisang kepok

Cara menanam pisang kepok ini sebenarnya sama dengan proses menanam tanaman pisang yang lainnya. Tidak ada hal khusus yang membedakan antara cara menanam pisang kepok dengan pisang ambon, pisang emas, dan jenis pisang yang lainnya. Lahan yang perlu disediakan untuk menanam pisang kepok ini haruslah memiliki luas yang cukup. Apabila anda ingin menanam pisang kepok lebih dari 1, maka berilah jarak antara pohon pisang kepok yang satu dengan pohon pisang kepok yang lain selebar 2 meter.

Selain itu, anda juga harus menyiapkan pupuk yang nantinya digunakan untuk menjaga kesuburan tanah yang ada di sekitar pohon pisang kepok.anda bisa menyediakan jenis pupuk kimia ataupun pupuk kompos. Silahkan disesuaikan dengan kondisi di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Apabila lahan dan pupuk sudah tersedia, maka bisa dilanjutkan dengan proses mencari bibit tanaman pisang kepok. Proses untuk mendapatkan bibit pisang kepok tentunya cukup mudah, apalagi jika anda tinggal di pedesaan. Anda bisa meminta anakan dari pohon pisang kepok yang tumbuh pada pohon pisang kepok yang sudah dewasa.

Atau, apabila anda tidak ingin ribet di dalam mencari bibit pohon pisang kepok, maka anda bisa membelinya kepada para penjual tanaman pertanian yang sekarang ini sudah cukup banyak. Apabila seluruh alat dan bahan diatas sudah tersedia maka saatnya kita mulai untuk menggali lubang yang nantinya digunakan untuk menanam buah pisang kepok. Silahkan anda buat lubang dengan kedalaman 50 m dan lebarnya 50 m. Setelah itu, silahkan anda tanam bibit pisang kepok yang sudah anda miliki, lalu silahkan anda lanjutkan dengan melakukan pemadatan pada urugan tanah sehingga pohon pisang kepok bisa berdiri kokoh.

Lakukan proses perawatan terhadap bibit tanaman pisang kepok tersebut dengan rutin, yaitu proses pengontrolan kondisi air di sekitar pohon pisang kepok, proses pemupukan yang dilakukan secara rutin, minimal satu bulan sekali serta proses pembersihan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman pisang kepok. Tanaman pisang kepok yang anda tanam tersebut akan berbuah kurang lebih membutuhkan waktu 1 tahun. Setelah itu, apabila tanaman pisang kepok tersebut memiliki anakan apa yang maka biasanya dalam waktu 6 bulan anakan dari pohon pisang kepok tersebut juga akan berbuah. Jadi, untuk proses menanam pisang kepok ini cukup dilakukan 1 kali waktu saja di awal, setelah itu anda hanya perlu menunggu pohon pisang kepok berbuah.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menanam pisang kepok. Mudah-mudahan artikel ini bisa dijadikan oleh anda sebagai referensi awal untuk melakukan budidaya tanaman pisang kepok yang nantinya bisa anda jadikan sebagai ladang bisnis ataupun sebagai kegiatan awal anda sehingga nantinya anda bisa memanen pisang kepok sendiri tanpa harus membeli di pasaran. Terima kasih dan selamat mencoba.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...