Home / Budidaya Pisang / Cara menanam buah pisang dengan benar

Cara menanam buah pisang dengan benar

Cara menanam buah pisang dengan benar perlu kita ketahui dengan lengkap karena dengan menanam buah pisang secara benar maka hasil dari yang akan kita dapat dari proses menanam buah pisang tersebut akan lebih maksimal. Proses menanam buah pisang bisa dikatakan cukup mudah dilakukan, bahkan oleh siapa saja. Oleh sebab itu tidak ada salahnya apabila kita mencoba untuk menanam buah pisang sehingga nantinya kita bisa menikmati hasil pemanenan buah pisang sendiri tanpa harus membeli di pasaran sehingga tentunya bisa lebih berhemat.

Cara menanam buah pisang dengan benar

Menanam buah pisang bisa diawali dengan proses mempersiapkan beberapa bahan dan alat. Lahan untuk menanam pisang adalah salah satu hal wajib yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu karena lahan inilah yang nantinya menjadi tempat dimana pohon pisang akan tumbuh. Sediakan lahan untuk menanam buah pisang dengan ukuran yang cukup luas, minimal bisa menampung 2 pohon pisang dengan jarak masing-masing 2 meter. Jarak 2 meter yang disediakan untuk 2 buah pohon pisang dikarenakan nantinya apabila pohon pisang sudah tumbuh dewasa akan memiliki bentang daun kurang lebih lebar 2 meter.

Setelah lahan untuk menanam buah pisang tersedia, maka pada tahapan berikutnya adalah anda harus menyediakan bibit dari pohon pisang. Bibit untuk buah pisang tentunya bisa anda dapatkan baik dengan cara membeli di penjual tanaman pertanian maupun dengan cara meminta ke tetangga yang sudah memiliki pohon pisang terlebih dahulu. Meminta anakan dari pohon pisang tentunya salah satu proses penghematan karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa memiliki pipi dari buah pisang.

Setelah lahan dan juga bibit dari pohon pisang tersedia maka di tahap berikutnya anda harus menyediakan pupuk. Untuk pupuk, anda bisa menggunakan pupuk kompos maupun pupuk kimia. Jangan lupa, sediakan pula cangkul yang nantinya digunakan untuk menggali lubang untuk menanam bibit pohon pisang itu sendiri. Apabila seluruh alat dan bahan sudah tersedia, maka tiba saatnya kita untuk memulai proses menanam buah pisang.

Cara menanam buah pisang yang dengan benar diawali dengan proses pembuatan atau menggali lubang yang akan digunakan untuk menanam bibit buah pisang. Silahkan anda gali lubang dengan ukuran kurang lebih 50 cm untuk lebarnya dan 50 cm untuk kedalamannya. Setelah proses penggalian lubang selesai, maka silahkan anda lanjutkan dengan proses penaburan pupuk pada dasar lubang tersebut. Setelah itu, proses menanam buah pisang bisa dilanjutkan dengan pengurugan bibit pohon pisang pada bagian bawahnya, lalu dilanjutkan lagi dengan proses penyebaran pupuk pada bagian atas pengurugan tanah.

Cara menanam buah pisang bisa dilanjutkan dengan proses pemeliharaan bibit buah pisang yang sudah ditanam. Proses pemeliharaan bibit tanaman buah pisang meliputi proses pengontrolan kadar air di sekitar pohon pisang, proses pemupukan yang rutin dilakukan setiap bulan sekali, serta proses penyiangan rumput rumput yang tumbuh secara liar di sekitar pohon pisang. Apabila bibit dari pohon pisang tumbuh dengan subur, maka dalam hitungan kurang lebih 1 tahun anda sudah bisa menikmati pemanenan dari buah pisang yang anda tanam.

Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara menanam buah pisang dengan benar, mudah-mudahan informasi diatas bisa menjadi inspirasi anda untuk bisa membudidaya tanaman pisang sehingga nantinya anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari proses budidaya tanaman pisang tersebut. Minimal, anda bisa mendapatkan buah pisang secara gratis tanpa harus membeli di pasaran sehingga bisa lebih berhemat. Terima kasih dan selamat mencoba.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...