Home / Budidaya Pisang / Cara budidaya tanaman pisang termudah

Cara budidaya tanaman pisang termudah

Cara budidaya tanaman pisang termuda tentunya bisa diterapkan dengan cara melakukan pembesaran pada bibit tanaman pisang yang banyak dijual di pasaran. Cara ini adalah cara yang paling efektif karena selain resiko dari bibit tanaman pisang yang mudah mati apabila masih dalam kondisi kecil, kita juga tidak perlu menunggu waktu terlalu lama sampai dengan bibit tanaman pisang yang kita tanam berbuah.

Cara budidaya tanaman pisang termudah

Cara budidaya tanaman pisang ini biasanya banyak diterapkan oleh petani pembesaran pohon pisang yang bertujuan untuk menghasilkan buah pisang yang nantinya akan dijual di pasaran. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 tahun, maka budidaya tanaman pisang ini bisa berbuah. Setelah itu, bahkan cukup menunggu waktu kurang lebih 6 bulan maka anakan dari indukan pohon pisang akan ikut berbuah juga.

Model yang diterapkan mengenai budidaya tanaman pisang dengan cara menanam bibit tanaman pisang sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana. Bahkan, tidak membutuhkan setiap khusus sama sekali. Yang pasti, anda harus menyediakan lahan kosong terlebih dahulu untuk melakukan budidaya tanaman pisang model ini. Setelah itu, anda perlu mencari bibit tanaman pisang yang hendak ditanam. Jenis tanaman pisang yang hendak ditanam tentunya menyesuaikan keinginan anda sendiri.

Anda bisa mendapatkan bibit tanaman pisang dengan berbagai macam jenis di penjual tanaman yang sekarang ini sudah cukup banyak. Atau, anda juga bisa meminta bibit tanaman pisang ke tetangga apabila sebelumnya tetangga anda sudah memiliki indukan dari tanaman pisang yang memiliki anak. Anda bisa mengambil anakan dari tanaman pisang tersebut. Pastikan bahwa bibit dari tanaman pisang yang anda beli ataupun anda minta dari tetangga memiliki ketinggian kurang lebih antara 50 cm sampai dengan 1 meter. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya daya tahan dari bibit tanaman pisang tersebut cukup tinggi dan juga masa tanam dari bibit tanaman pisang tidak terlalu lama.

Pada tahapan berikutnya di budidaya tanaman pisang termudah ini tentunya adalah membuat lubang untuk menanambibit tanaman pisang itu sendiri. Silahkan anda sediakan lubang untuk menanam bibit tanaman pisang dengan ukuran kurang lebih 50 cm untuk lebarnya dan juga 50 cm untuk kedalaman yang. Sebelum anda menanam bibit tanaman pisang tersebut, silakan anda taburkan terlebih dahulu pupuk kompos pada dasar lubang yang anda buat tersebut. Setelah itu silahkan anda tanam bibit tanaman pisang lalu lakukan pengurugan dengan menggunakan tanah, yang kamu jangan terlalu dipadatkan. Setelah itu, silahkan anda lanjutkan dengan menaburkan kembali pupuk kompos diatas urugan tanah di sekitar bibit tanaman pisang.

Setelah tahapan tersebut anda selesaikan, maka tahapan berikutnya adalah proses perawatan dari bibit tanaman pisang tersebut sampai dengan nantinya tumbuh besar dan berbuah. Proses perawatan dari tanaman pohon pisang tentunya tidak terlalu sulit, diantaranya adalah proses pengontrolan kadar airdi sekitar tanaman pisang, proses penyiangan rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon pisang, serta proses pemupukan yang rutin anda lakukan. Proses pemupukan ini bisa menggunakan pupuk kompos maupunpupuk yang lainnya.

Dengan menerapkan metode tersebut, maka budidaya tanaman pisang akan berhasil dan tentunya dalam waktu kurang lebih 1 tahun tanaman pisang yang anda perawat akan menghasilkan buah. Setelah itu, anda tidak perlu lagi menunggu waktu sekitar 1 tahun karena biasanya anakan yang tumbuh pada pohon pisang akan berbuah sekitar 6 bulan setelahnya.demikianlah urutan singkat mengenai budidaya tanaman pisang yang bisa saya ulas pada postingan kali ini. Terimakasih atas kunjungan anda. Selamat mencoba.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...