Home / Budidaya Pisang / Cara bertani pisang pada lahan sempit

Cara bertani pisang pada lahan sempit

Istilah mengenai cara bertani memang cenderung mengarah ke proses penanaman pohon padi. Namun, bertani bisa juga dilakukan dengan menanam berbagai macam jenis pohon selain tanaman padi misalnya adalah bertani pisang, bertani pohon mangga, bertani pohon nanas dan bertani berbagai macam pohon yang nantinya bisa menghasilkan buah-buahan yang lainnya. Intinya, asalkan bidang kerjanya masih seputar tanaman baik yang berbuah maupun tidak apa yang maka hal tersebut bisa dikatakan bertani.

Salah satu tanaman yang paling banyak tumbuh di wilayah negara indonesia adalah tanaman pisang. Oleh sebab itu tentunya banyak masyarakat indonesia yang terjun bertani pohon pisang secara langsung karena hal tersebut akan memiliki efek positif yang sangat banyak. Selain bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi membeli pisang di pasaran, memiliki pohon pisang sendiri tentunya bisa mendapatkan keuntungan apabila pohon pisang yang ditanam bisa berbuah dengan lebat dan cepat.

Dari latar belakang itulah maka pada kesempatan yang baik ini saya akan coba membahas mengenai cara bertani pisang pada lahan yang sempit, di mana biasanya lahan yang sempit tersebut bisa anda temukan pada bagian pekarangan rumah. Dengan memanfaatkan area lahan yang sempit pada pekarangan rumah, maka tentunya pekarangan tersebut tidak lagi dibiarkan kosong, namun akan bisa menghasilkan buah pisang secara rutin setiap tahunnya.

Yang perlu mendapat perhatian pertama kali adalah luas lahan dari pekarangan rumah. Apabila nantinya anda akan menanam pohon pisang dengan jumlah lebih dari 1, maka anda harus memperhatikan bahwa jarak antara bibit tanaman pisang yang satu dengan yang lainnya minimal harus berjarak 2 meter. Angka 2 meter untuk jarak penanaman pohon pisang adalah menghitung panjangnya bentangan daun pohon pisang pada saat sudah berumur dewasa.

Untuk bagian lubang yang digunakan untuk menanam bibit tanaman pisang, maka harus memiliki ukuran sekitar 50 cm untuk lebarnya dan 50 cm lagi untuk kedalamannya. Pupuk kompos tentu sangat dibutuhkan untuk bertani pohon pisang ini. Lantaran pupuk kompos adalah salah satu pupuk yang tidak akan menjadikan tanah lebih padat namun justru sebaliknya akan membuat tanah semakin subur sehingga nantinya pohon pisang yang ditanam juga bisa tumbuh dengan cukup subur.

Pupuk kompos yang sudah anda siapkan sebelumnya digunakan sebagai dasar dari lubang untuk menanam bibit tanaman pisang.lakukan pengurugan tanah pada bibit pohon pisang dengan hati-hati jangan sampai terlalu kuat. Hal tersebut tentu dilakukan sebagai salah satu upaya supaya akar dari tanaman bibit pohon pisang bisa mudah menjalar. Setelah anda berhasil menanam bibit pohon pisang, maka silahkan anda lakukan penaburan kembali pupuk kompos pada bagian tanah atas.

Setelah seluruh tahapan diatas selesai, maka kewajiban anda adalah menunggu kurang lebih 1 tahun sampai bibit pohon pisang tumbuh menjadi besar dan akhirnya berbuah. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman pisang tersebut dengan cara mengontrol kadar air, menyiangi tanaman rumput yang tumbuh di sekitar tanaman pohon pisang. Biasanya, seiring dengan pertumbuhan pohon pisang juga akan tumbuh anakan pohon pisang. Anda bisa memanfaatkan anakan pohon pisang tersebut untuk mengembangkan jumlah pohon pisang yang ditanam.

Setiap tahun, anda juga tidak perlu lagi menanam bibit tanaman pohon pisang karena anakan dari pohon pisang yang sudah dewasa nantinya juga akan bisa berbuah secara normal. Itulah beberapa uraian singkat mengenai cara bertani pisang pada lahan yang sempit apa yang besarnya adalah di lahan pekarangan rumah. Mudah-mudahan tutorial diatas bisa bermanfaat untuk anda apa yang anda bisa mencoba mempraktekkannya di rumah dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Terimakasih.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...