Home / Budidaya Pisang / Cara berkebun pisang dengan benar

Cara berkebun pisang dengan benar

Cara berkebun pisang dengan benar adalah salah satu metode yang banyak dicari oleh petani saat ini. Dengan menerapkan teknik berkebun secara benar, maka tentunya hasil yang nantinya akan didapat pada saat proses pemanenan buah pisang akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya hasil panen dari buah pisang, tentunya berimbas pada kenaikan penghasilan petani pisang itu sendiri.

Adapun cara berkebun pisang dengan baik dan benar merupakan penjabaran secara detail dan runtut mengenai tahapan demi tahapan bagaimana cara mengelola pohon pisang, mulai dari proses penanaman bibit pohon pisang, sampai dengan bagaimana cara merawat pohon pisang hingga sampai berbuah. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman dengan anda bagaimana cara berkebun pisang dengan benar sehingga anda bisa mendapatkan tambahan referensi dan ilmu pengetahuan.

Tidak sulit untuk belajar bagaimana cara berkebun pisang dengan baik dan benar. Syarat pertama yang harus anda penuhi tentunya adalah anda harus menyiapkan area atau lahan yang nantinya akan anda gunakan untuk berkebun pisang. Area atau lahan yang nantinya digunakan untuk berkebun pisang tentunya harus memiliki luas yang cukup untuk menanam tanaman pisang itu sendiri. Sebagai acuan umum, jarak antara pohon pisang yang satu dengan pohon pisang yang lain minimal adalah 2 meter.

Setelah anda berhasil untuk menyiapkan lahan berkebun pisang, maka langkah berikutnya adalah anda persiapkan bibit pohon pisang yang hendak ditanam. Prosedur untuk mendapatkan bibit pohon pisang juga tidaklah terlalu sulit. Pertama, anda bisa mendapatkan bibit tanaman pisang dengan cara membelinya langsung pada penjual pohon pertanian. Selanjutnya, cara kedua untuk bisa mendapatkan bibit pohon pisang adalah dengan cara meminta langsung ke tetangga yang kebetulan sudah memiliki tanaman pohon pisang yang beranak. Anda bisa mengambil anakan pohon pisang tersebut secara langsung.

Metode kedua mengenai teknik mendapatkan bibit pohon pisang diatas bisa anda lakukan apabila anda tinggal di daerah pedesaan. Hal tersebut tentu dikarenakan di daerah pedesaan masih banyak warga berkebun ataupun menanam pohon pisang. Apabila anda tinggal di daerah perkotaan, maka tentunya anda akan kesulitan di dalam menemukan tetangga yang masih menanam pohon pisang.

Apabila anda sudah mendapatkan bibit tanaman pisang, maka cara berkebun pisang selanjutnya adalah menyiapkan tempat untuk menanam bibit tanaman pisang itu sendiri. Silahkan anda gali lubang untuk menanam bibit tanaman pisang dengan ukuran lebar 50 cm serta kedalaman 50 cm juga. Setelah anda selesai menggali lubang untuk menanam bibit tanaman pisang, maka silahkan anda taburkan pupuk kompos tepat di dasar bagian lubang yang sudah anda buat tersebut.

Pada tahap selanjutnya, silahkan anda menanam bibit tanaman pohon pisang pada lubang yang sudah diberikan alas pupuk kompos. Selanjutnya silahkan anda lakukan pengurugan dengan menggunakan tanah, lalu lanjutkan taburkan pupuk kompos kembali di bagian atas urugan tanah yang sudah anda lakukan tersebut. Pada tahap selanjutnya, anda cukup menunggu bibit tanaman pisang tumbuh menjadi besar. Proses perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman pohon pisang cukuplah dengan mengatur kadar air, menyiangi rumput yang tumbuh di sekitar pohon pisang, serta memberikan pupuk secara teratur.

Cara berkebun pisang ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan. Namun setidaknya anda sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai tahapan demi tahapan proses yang harus dilalui untuk menanam tanaman pisang baik di pekarangan rumah anda atau mungkin di kebun. Mudah-mudahan artikel diatas bisa anda terapkan sehingga anda bisa mendapatkan manfaat. Terima kasih.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...