Home / Budidaya Pisang / Budidaya pisang emas dengan cepat

Budidaya pisang emas dengan cepat

Apakah anda ingin belajar bagaimana cara budidaya pisang emas karena pisang emas ini adalah komoditas yang cukup banyak dicari oleh masyarakat indonesia? Pisang emas adalah salah satu pisang yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang enak, bentuknya yang menarik serta kandungan-kandungan zat dan vitamin yang cukup banyak di dalamnya. Apabila kita bisa melakukan budidaya pisang emas sendiri dan mandiri, maka tentunya penghematan bisa kita lakukan dari segi pengeluaran pembelian buah pisang emas.

Pisang emas juga merupakan salah satu jenis pisang yang cukup mahal harganya. Apabila kita bisa melakukan budidaya pisang emas sendiri dan mampu dijual di pasaran, tentunya kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari budidaya pisang emas tersebut. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya untuk sedikit berbagi informasi dengan anda mengenai bagaimana cara budidaya pisang emas sehingga anda bisa mencoba untuk mempraktekkannya.

Budidaya pisang emas bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Apalagi sekarang ini banyak sekali metode dan teknik yang bisa diterapkan untuk mengawali proses budidaya pisang emas tersebut. Secara umum, ada dua media yang harus anda persiapkan terlebih dahulu didalam melakukan budidaya pisang emas. Media yang pertama adalah media tanam yang berbentuk lahan yang siap untuk ditanami pohon pisang emas.

Lahan yang harus disiapkan untuk budidaya pisang emas harus memiliki luas yang cukup, harus mampu menampung pohon pisang emas dengan jarak masing-masing 2 meter. Apabila anda sudah memiliki lahan dengan luas yang cukup, maka silahkan anda gali lubang untuk menanam pohon pisang emas dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Kemudian,-nya setelah anda menggali lubang dengan ukuran tersebut, maka silahkan anda berikan sedikit kompos di bagian bawahnya.

Langkah selanjutnya dari budidaya pisang emas adalah dengan menanam pohon atau bibit dari pisang emas tersebut. Silahkan anda lakukan pengurugan dari tanaman pohon pisang emas tersebut, namun jangan sampai rata dengan tanah. Silahkan anda tambahkan lagi bagian atas dari urugan bibit pohon pisang emas dengan kompos. Dari tahapan tersebut, maka anda cukup lanjutkan dengan proses perawatan saja. Beberapa perawatan yang perlu dilakukan pada budidaya pohon pisang emas adalah dengan cara menyiangi atau membersihkan berbagai macam tanaman dan rumput yang tumbuh di sekitar pohon pisang emas.

Sebagai informasi, budidaya pisang emas akan membuahkan hasil buah pisang emas dengan waktu kurang lebih sekitar 1 tahun. Setelah 1 tahun, maka anda sudah bisa mulai untuk menikmati buah pisang emas tersebut. Di samping itu, karena nantinya pada tahapan pertumbuhan pohon pisang emas juga akan memiliki anak, maka tentunya anda tidak akan perlu lagi untuk menanam pohon pisang emas lantaran anak dari pohon pisang emas juga akan besar dan memiliki buah.

Demikianlah tutorial singkat mengenai teknik budidaya pisang emas yang bisa anda coba praktekan dan semoga saja anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari uji coba yang anda lakukan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga anda sukses.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...