Home / Buah Pisang / Budidaya, Cara Pengolahan, Dan Manfaat Pisang Tanduk

Budidaya, Cara Pengolahan, Dan Manfaat Pisang Tanduk

Pisang tanduk merupakan salah satu jenis pisang yang bisa ditemukan sekarang ini. Buah pisang ini memiliki ukuran medium dan kontur buah yang agak keras. Sebagaimana buah pisang yang lainnya, maka ada manfaat pisang tanduk yang bisa kita dapatkan pula ketika kita mengkonsumsinya. Sementara itu, ketika anda memutuskan untuk mengkonsumsi buah pisang yang satu ini, anda juga pada dasarnya bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan yang lain, misalnya keripik pisang. Manfaat yang didapatkan tentu sedikit berbeda daripada ketika anda mengkonsumsinya dalam bentuk yang natural.

Budidaya dan Pengolahan Pisang Tanduk

Dibandingkan dengan pisang-pisang lainnya, pisang tanduk memiliki rasa yang agak masam. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi sifatnya yang creamy. Ukurannya yang lebih besar juga membuat orang menyukainya. Selain itu, pisang tanduk juga sangat mudah untuk ditanam. Anda bahkan bisa hanya menanamnya di pekarangan belakang rumah anda misalnya. Budidaya pisang tanduk yang memang mudah itu membuat makin penting bagi anda untuk mengetahui apa saja sebenarnya manfaat pisang tanduk bagi kesehatan manusia.

Pisang tanduk selain bisa dinikmati sebagai buah-buahan untuk cuci mulut, juga bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan yang lain. Yang paling populer adalah pengolahan menjadi keripik pisang tanduk. Hal itu karena bentuknya yang relatif besar sehingga sangat mudah untuk memotong-motongnya menjadi keripik dengan menggunakan cara manual sekalipun. Keripik merupakan penganan yang disukai banyak orang. Tentu saja ketika anda memproduksi keripik ini maka bisa dikatakan anda sudah mendapatkan pula salah satu manfaat pisang tanduk.

Manfaat Lengkap Pisang Tanduk Yang Lain

Selain adanya manfaat pisang tanduk untuk bisnis, ada juga beberapa manfaatnya yang bisa diarahkan pada aspek kesehatan. Jika anda mengkonsumsi pisang tanduk secara rutin, maka kandungan yang ada di dalamnya akan membuat anda memiliki resiko yang sangat rendah untuk terkena penyakit jantung. Selain itu, karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, maka buah pisang yang satu ini juga populer sebagai pemberi energi. Beberapa penyakit yang lain yang juga bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi pisang ini adalah stroke, tekanan darah tinggi, dan juga mencegah terkena penyakit rematik.

Karena mengandung banyak nutrien, maka salah satu manfaat pisang tanduk yang lain adalah mencegah terkena serangan maag. Demikian juga mengkonsumsi buah yang satu ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker ginjal. Hal itu disebabkan oleh kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Jelas, karena buah pisang ini mengandung serat yang tinggi pula, maka mengkonsumsinya akan mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan juga dalam tubuh. Maka mereka yang mengalami gejala susah buang air besar sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang tanduk.

Check Also

diet-pisang-penurut-berat-badan-alami

Diet Pisang Penurut Berat Badan Alami

Anda belum mengetahui manfaat diet pisang bisa menurunkan berat badan? Berikut akan kami coba uraikan ...