Home / Budidaya Pisang / Bertanam pisang kepok dengan cepat

Bertanam pisang kepok dengan cepat

Karena rasanya yang enak, banyak petani yang mencoba untuk bertanam pisang kepok dengan cepat. Hal tersebut tentu disebabkan juga karena pisang kepok adalah salah satu jenis pisang yang laris di pasaran dan tentunya menjadi bahan serbuan masyarakat yang hendak menikmati lezatnya rasa dari pisang kepok.

Untuk anda yang ingin mencoba bertanam pisang kepok dengan cepat baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk orientasi bisnis, maka tentunya bisa melakukan uji coba penanaman jenis pisang kepok ini. Teknik yang digunakan sebenarnya tidaklah terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan sama dengan teknik menanam pisang pada umumnya.

Hal pertama yang harus dilakukan pada saat kita mulai belajar bertanam pisang kepok adalah mempersiapkan bibit pisang kepok terlebih dahulu. Untuk persiapan bibit pisang kepok bisa didapat dengan cara mengambil pada tumbuhan pisang kepok yang sudah besar di mana sudah memiliki anak lebih dari 3. Anda bisa mengambil satu atau dua anakan pohon pisang kepok tersebut. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan bibit pohon pisang kepok dengan cara membelinya pada penjual bibit pohon pisang.

Carilah bibit pohon pisang kepok yang sudah memiliki umur sekitar 1 sampai 2 bulan. Hal tersebut tentu dikarenakan pohon pisang kepok dengan umur 1 sampai 2 bulan sudah memiliki ketinggian yang cukup dan tentunya sudah tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Cari juga bibit pohon pisang kepok yang memiliki bentuk cukup baik, lantaran hal tersebut tentu mempengaruhi proses pertumbuhan pohon pisang kepok nantinya.

Pada langkah berikutnya ketika kita mencoba untuk bertanam pisang kepok adalah dengan membuat lubang yang nantinya digunakan untuk menanam bibit pisang kepok tersebut. Silahkan anda buat lubang dengan luas dan diameter yang menyesuaikan bibit pohon pisang kepok yang anda miliki. Aturlah jarak supaya tidak terlalu berdekatan antara bibit pohon pisang kepok yang satu dengan yang lainnya. Kira-kira, jarak antara pohon pisang kepok yang satu dengan yang lainnya sekitar 4 meter.

Setelah anda selesai menanam bibit pohon pisang kepok tersebut, maka di tahap berikutnya dan seterusnya anda cukup merawatnya saja. Beberapa bagian perawatan dari pohon pisang kepok adalah dengan menyiangi dari berbagai macam jenis rumput yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, sebulan sekali anda bisa memberikan pupuk supaya pertumbuhan pohon pisang kepok ini bisa lebih maksimal.

Itulah sedikit informasi mengenai bertanam pisang kepok dengan cepat yang mudah-mudahan bisa anda gunakan sebagai acuan dan referensi untuk belajar menanam pohon pisang kepok sehingga nantinya anda tidak perlu membeli pisang kepok di luar, namun bisa menikmatinya dari hasil panen pohon pisang kepok sendiri. Selamat mencoba dan terima kasih atas kunjungan anda.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...