Home / Budidaya Pisang / Berkebun pisang kepok dengan benar

Berkebun pisang kepok dengan benar

Pisang kepok adalah pisang yang cukup menjadi favorit di masyarakat indonesia. Oleh sebab itu tentunya berkebun pisang kepok dengan benar adalah salah satu alternatif peluang bisnis yang bisa anda coba sehingga nantinya anda bisa menjadi sebuah pemasok buah pisang kepok. Untuk belajar berkebun pisang kepok bukanlah hal yang sulit dilakukan, lantaran pohon pisang kepok adalah salah satu pohon pisang yang mudah tumbuh di beberapa wilayah di negara indonesia.

Tidak ada hal yang spesial untuk berkebun pisang kepok. Bahkan secara umum berkebun pisang kepok adalah sama tekniknya dengan berkebun pisang untuk jenis-jenis yang lainnya. Kesimpulannya adalah apabila anda sudah terbiasa berkebun berbagai macam jenis pisang, maka tentunya anda tidak akan pernah merasa kesulitan apabila ingin mencoba berkebun pisang kepok.

Berkebun pisang kepok bisa diawali dengan cara mencari bibit pohon pisang terlebih dahulu. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan bibit pohon pisang kepok, mulai dari mengambil anakan secara langsung dari pohon pisang yang sudah tumbuh besar maupun bisa membelinya pada beberapa penjual pohon pisang. Tentunya apabila teknik yang diambil oleh anda adalah membeli bibit pohon pisang kepok ke penjual, maka tentu kualitasnya akan lebih baik karena mereka cenderung akan menjual bibit pohon pisang kepok dengan kualitas yang terjaga.

Setelah anda mendapatkan bibit tanaman pisang kepok, maka tahapan berikutnya dari berkebun pisang kepok adalah dengan membuat lobang untuk menanam pohon pisang kepok tersebut. Silahkan anda buat lubang untuk menanam pohon pisang kepok tersebut dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan besarnya bibit dari pohon pisang kepok. Harap diingat, apabila anda menanam pohon pisang kepok dalam jumlah yang banyak, maka anda harus mengatur jaraknya. Berilah jarak antara pohon pisang kepok yang satu dengan yang lain minimal adalah 4 m.

Angka 4 meter yang diambil untuk jarak masing-masing pohon pisang kepok adalah karena pada saat pohon pisang kepok sudah tumbuh besar maka daun-daun yang dimilikinya bisa menjulur hingga sampai 2 meter lebih. Hal tersebut tentunya untuk menjaga supaya antara buah yang satu dengan buah yang lain tidak saling bertumpuk daunnya.

Setelah pohon buah pisang kepok tumbuh dengan baik, yang maka proses berkebun pisang kepok yang anda lakukan hampir berhasil. Pada tahapan selanjutnya anda cukup melakukan perawatan pada pohon pisang kepok tersebut caranya adalah dengan menyiangi gulma maupun rumput yang ada di sekitar pohon pisang kepok tersebut. Selain itu, anda juga bisa memberikan pupuk secara teratur pada buah pisang kepok sehingga proses tumbuhnya akan semakin cepat dan kondisi dari pohon pisang kepok akan semakin subur.

Itulah beberapa tahapan berkebun pisang kepok dengan benar sehingga anda bisa menerapkan tutorial diatas yang nantinya diharapkan proses berkebun pisang kepok yang anda lakukan bisa berhasil. Apabila anda telaten di dalam merawat pohon buah pisang kepok, nantinya buah yang akan dihasilkan dari pohon pisang kepok juga akan baik kualitasnya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...