Home / Buah Pisang / Berikut Ini Jenis Pisang Kepok Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Berikut Ini Jenis Pisang Kepok Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Jenis pisang kepok dan manfaatnya bagi tubuh kita. Indonesia merupakan negara yang memiliki produksi pisang terbesar ke empat di dunia. Sangat tidak mengherankan jika buah dan pohon pisang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Pisang merupakan buah yang memiliki banyak jenis, hampir sekitar 300 jenis pisang terdapat di tanah negeri ini. Salah satunya pisang kepok, berikut ini ulasan lengkap mengenai pisang kepok.

Klasifikasi Pisang Kepok

Pisang kepok sering disebut juga dengan pisang gepeng, mengapa? Karena pisang kepok memiliki bentuk buah yang agak gepeng dan bersegi. Ukuran dari jenis pisang kepok relatif kecil berbeda dengan pisang tanduk, klasifikasi pisang kepok pada umumnya memiliki panjang berkisar 10 hingga 12 cm dengan berat 80 hingga 120 gram. Kulit pisang kepok cenderung sedikit kasar, dengan warna kuning kehijauan dan kadang juga memiliki bercak atau noda coklat. Kulit pisang jenis ini juga cukup tebal. Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang tidak dapat dimakan secara langsung, dengan kata lain pisang kepok merupakan pisang olahan. Lebih enak jika di olah dengan kukus, gethuk pisang, digoreng, carang gesing dan aneka olahan lainnya.

Aneka Ragam Jenis Pisang Kepok

Di negara kita, pisang memang sangat cocok dan subur hidup di Indonesia. tidak mengherankan jika di bumi pertiwi kita ini ada sekitar 300 jenis pisang yang dapat kita temukan. Begitu pula dengan jenis pisang kepok. Aneka ragam pisang kepok terbagi menjadi dua macam, yakni pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Jika dilihat dari luar secara kasat mata, kedua jenis pisang kepok ini hampir tidak memiliki perbedaan. Namun ketika kita mengupas kulit pisang baru terlihat perbedaannya. Pisang kepok kuning memiliki daging buah yang berwarna kuning, sedangkan pisang kepok putih daging buahnya berwarna putih pucat. Kepok kuning jika sudah diolah memiliki rasa yang manis, sedangkan kepok putih memiliki rasa yang cenderung asam.

Ini yang menyebabkan sebagian orang lebih memilih pisang kepok kuning untuk dimakan dan kepok putih lebih dipilih sebagai makanan burung saja. Meskipun berbeda dari segi rasanya, kedua jenis pisang kepok ini memiliki nilai gizi yang sama. Manfaat dari keduanya juga sama, pisang kepok memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah yang belum terlalu matang sangat bagus untuk diet penderita batuk berdarah atau penderita kencing manis. Sedangkan buah yang dalam keadaan kering akan membantu menyehatkan usus kita. olahan tepung pisang kepok pun sangat membantu dalam mengatasi perut kembung dan asam lambung.

Selesailah sudah ulasan kita kali ini mengenai jenis jenis pisang kepok dan manfaatnya bagi tubuh kita. Pisang kepok terbagi menjadi dua jenis, kepok putih dan kepok kuning dan merupakan jenis pisang olahan. Salah satu jenis pisang ini merupakan salah satu jenis pisang yang favorit dipilih masyarakat kita.

Check Also

diet-pisang-penurut-berat-badan-alami

Diet Pisang Penurut Berat Badan Alami

Anda belum mengetahui manfaat diet pisang bisa menurunkan berat badan? Berikut akan kami coba uraikan ...