Home / Budidaya Pisang / Bercocok tanam pisang yang baik dan benar

Bercocok tanam pisang yang baik dan benar

Sebagian masyarakat indonesia terutama yang ada di daerah pedesaan tentunya memiliki kegiatan bercocok tanam pisang sehingga tentunya bagi kita yang ingin belajar mengenai hal tersebut pasti ingin mengetahui bagaimana teknik-teknik yang baik dan benar mengenai bercocok tanam pisang. Tanaman pisang adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah tumbuh di negara indonesia sehingga apabila ingin belajar memahami cara bercocok tanam pisang tersebut kita bisa mencobanya dengan mudah.

Tentunya bercocok tanam pisang yang baik dan benar harus diawali dengan niat yang sungguh-sungguh, karena nantinya pada saat kita sudah mempraktekkannya apa yang maka kita harus berjuang ekstra keras mengeluarkan tenaga fisik dengan jumlah yang cukup banyak. Tahapan pertama yang harus dilakukan sebagai persiapan bercocok tanam pisang adalah menyiapkan bibit pohon pisang itu sendiri.

Persiapan dari bibit pohon pisang bisa dilakukan dengan cara membeli pada berbagai macam penjual pohon pisang, bisa juga mengambil anakan yang ada pada pohon pisang yang sudah tumbuh dengan besar. Tentunya, tehnik mengambil anakan pada pohon yang sudah tumbuh dengan besar merupakan teknik yang sangat praktis karena kita bisa mendapatkan bibit pohon pisang secara gratis.

Di tahap berikutnya pada bagian bercocok tanam pisang ini adalah membuat tempat untuk menanam pohon pisang. Usahakan lubang-lubang yang dibuat untuk bercocok tanam pisang ini memiliki jarak yang cukup lebar. Minimal jarak antara pohon pisang yang satu dengan pohon pisang yang lain adalah 4 m, hal tersebut lantaran nantinya apabila sudah tumbuh dengan tinggi, daun pohon pisang bisa menjulur hingga sampai 2 meteran.

Pohon pisang adalah pohon yang mudah tumbuh asalkan kadar air pada tempat yang ditanami pohon pisang dalam kondisi cukup. Apabila pohon pisang yang kita tanam sudah tumbuh dengan baik, maka pada langkah berikutnya adalah proses perawatan. Proses perawatan untuk tanaman pohon pisang ini juga tidak terlalu sulit, hanya cukup proses penyiangan saja dan proses pemupukan saja.

Apabila anda melakukan perawatan dengan rutin, maka dalam waktu kurang lebih 1 tahun maka tanaman pisang yang anda rawat tersebut akan menghasilkan buah. Namun yang perlu kita ketahui bersama bahwa pohon pisang hanya bisa berbuah satu kali, setelah itu akan mengalami kematian sehingga anda perlu membuang pohon pisang setelah anda mengambil buah nya. Pohon pisang yang sudah anda ambil bisa anda manfaatkan untuk dibuat pupuk organik yang nanti bisa dimanfaatkan untuk memupuk pohon pisang yang lainnya.

Itulah beberapa bagian bercocok tanam pisang yang baik dan benar yang tentunya bisa anda coba pelajari dan bisa anda terapkan apabila anda ingin melakukan uji coba menanam buah pisang. Mudah-mudahan artikel diatas bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dan juga bahan belajar untuk bercocok tanam pisang. Terima kasih dan selamat mencoba.

Check Also

inilah-penyebab-hama-tanaman-pisang-beserta-ciri-cirinya-lengkap

Inilah Penyebab Hama Tanaman Pisang Beserta Ciri Cirinya Lengkap

Penyebab hama tanaman pisang beserta ciri cirinya lengkap. Tanaman pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia. ...